CARA MENDESAIN / MENYETING ID CARD MELALUI PHOTOSHOP

Assalamualaikum , Hay semua para pembaca disini saya akan memberikan tutorial mengenai cara mendesain atau menyeting ID CARD atau kartu pelajar. Disini saya akan membuat kartu pelajar,kartu pelajar sama kegunaan nya seperti KTP untuk tanda pengenal juga. Oke langsung saja lah kita masuk ke tutorialnya:

  1. Langkah pertama kalian ambil atau Scann contoh kartu pelajar yang ada ini hanya sebagai pengacu saja agar tidak salah . oke disini saya sudah punya contoh kartu pelajarnya ada bagian belakang dan depan ini tapi kita bikin nya sedikit berbeda kita buat posisi Lanscape.

  2. Kemudian anda buka program photoshop anda dan saya menggunakan photoshop CS 6. Sebenarnya tidak pengaruh kalian mao pake CS 6 atau di bawah nya tidak masalah yang penting biasa di buka.
  3. Kemudian isi kotak dialog yang ada dari size nya dan resolusinya. Buat nama file nya ID CARD kemudian ubah size nya menjadi 8.5 cm x 5.5 cm kemudian resolusinya 200px dan yang paling penting color mode nya ubah menjadi CMYK Color. Cek gambar biar ngga binggung...hehehehe
  4. Setelah sudah kemudian klik OK dan tampilan nya akan Lanscape.
  5. Setelah itu ubah Baground nya menjadi warna hijau dengan cara klik Set foreground color kemudian akan muncul kotak dialog colornya kemudian ubah warna nya seperti kode ini #00fa3b. 
  6. Kemudian pilih Paint Bucket Tool dan klik pada area desain dan hasil nya akan menjadi ini.
  7. Setelah itu buatlah garis Bantu atau garis pembatas untuk area desain kita atau lebih tepat nya area tulisan atau huruf kalo ngga tau cara buat garis bantu nya cek aja tutorial yang ini ( http://nurariffadlilla.blogspot.co.id/2016/01/cara-membuat-garis-bantu-melalui.html ).
  8. Setelah itu kita buat background belakang nya disini saya sudah memiliki file nya tinggal lihat saja gambar dibawah ini . dan lis atas nya cara nya sama namun warna nya selera and saya menggunakan warana gradien emas.
  9. Oke setelah bacgroun selesai kemudian kita masukan logo dan tulisanuntuk bagian atas terlebih dahulu.oh iya jangan lupa Layer nya di Grub ya biar rapih terus namain Logo atas.  Cek Gambar aja ya biar paham.
  10. Setelah itu kita buat Logo background tengah nanti kita kurangi Opasitinya menjadi 10%. Cek Gambar dulu.
  11. Kemudian kita buat tempat foto nya biasanya kan kalo ID card ada tempat buat foto nya nah kita buat sekarang, kita membuat nya menggunakan Rectangel Tool oh iya ukuran nya seterah kalian ya yang pengting jangan terlalu besar kurang lebih 134px X 204px dan ukuran yang merah dan hitam beda ya satu lagi jangan lupa di grub kasih nama tempat foto. Cek Gambar
  12. Kemudian kita letakan foto dan data nya oh iya jangan lupa foto nya jangan yang ada background nya kalo ada apus dulu Bisa cek tutorial ini ( http://nurariffadlilla.blogspot.co.id/2016/01/cara-menyeleksi-background-foto-melalui_28.html ). Lanjut lagi ya buat layot data nya sesuaikan saja dengan data yang anda miliki cek gambar aja biar tau kaya apa. 
  13. Nah jadi dah bagian depan nya buat kartu pelajar
  14. Nah untuk Bagian Belakang nya langkah nya sama dengan yang tadi tapi lis atas nya di besar kan seperti gambar.
  15. Jadi deh desain ID Card nya bagian depan dan belakang nya. Saya juga membuat beberapa desain lain nya.
Nah itu dia tutorial membuat ID Card , mungkin itu saja yang dapat saya buat dan semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk anda. Terima Kasih
Oh iya tunggu terus tutorial selanjutnya Good Luck. 

Comments

Popular Posts