Semua Butuh Proses, Tidak ada yang Instan



Proses ada sebuat perjalanan dari mulai belum bisa menjadi  bisa seperti seorang anak bayi dari mulai belum berjalan sampai bisa berjalan, dari mulai belum berbicara sampai berbicara. Namun semua itu butuh proses, dari tahun ke tahun berikutnya samapi benar benar bisa. Tidak ada yang Instan di dunia ini, Bahkan Alllah SWT pun memberikan proses kepada setiap hamba nya untuk menjadi lebih baik.

Salah satu sifat buruk manusia adalah tergesa-gesa atau terburu-buru, dia berharap segala keinginan dan urusannya terwujud seketika. Hal ini ditegaskan oleh Allah dalam Firman nya yaitu:

                 " Dan manusia berdoa untuk kejahatan sebagaimana ia berdoa untuk kebaikan.
Dan adalah manusia bersifat Tergesa-gesa"
(QS.Al-Isra [17]: 11)

Firman Allah diatas menegaskan bahwa pada dasarnya manusia itu memiliki sifat tergesa-gesa. Dia selalu ingin cita-citanya atau apa yang di impikan nya Cepat terwujud. Ketika berdoa memohon sesuatu kebaikan ataupun kemalangan memohon agar doa nya cepat di kabulkan oleh Allah SWT. 
Nabi Muhammad SAW pun pernah mengingatkan dan bersabda dalam Hadistnya :

"Akan diterima permohonan kalian selama kalian tidak bertindak tergesa-gesa dengan  mengatakan:Aku telah berdoa kepada Tuhanku namun Dia tidak memperkenankan doa permohonanku" (HR.MUSLIM) 

Sikap tergesa-gesa, pada hakikatnya adalah wujud rasa tidak Sabar dalam menjalani Proses dalam suatu hal. Padahal di dunia ini Tidak ada yang instan, Semua harus butuh proses. Bahkan Allah SWT, Menciptakan kita Manusia dan seluruh alam beserta isi nya membutuhkan proses. Ada tahapan yang harus dilalui melalui rentang waktu tertentu. Kemuduan muncul pertanyaan "Apakah Allah Tidak mampu menciptakan segala sesuatu langsung jadi tanpa Proses ?"Jawabannya adalah Sangat-Sangat Mampu. Allah SWT hanya berkata "Kun" (Jadilah!) "Fayakuun"(Maka terjadilah ia). Tidak ada yang sulit untuk Allah yang maha Sempurna dan Maha Besar. Namun Allah ingin mengajarkan pada Hamba nya tentang Pentingnya sebuah Proses dalam mencapai sesuatu.

Proses adalah suatu tahapan demi tahapan dalam kehidupan, yang akan mengantarkan seseorang pada tujuan yang hendak dicapainya. Proses juga akan menguji kita seberapa Besar energi kesabaran yang kita miliki, dan proses juga akan melatih kedewasaan kita dalam mengambil keputusan, berfikir dan bertindak.Banyak sekali manfaat Proses dalam kehidupan kita, tidak ada kata instan dalam proses kehidupan di dunia ini. Bahkan kalian di lahirkan di Dunia ini butuh Proses yang sangat pajang dari Mulai Alam Ruh , Alam Rahim, Hingga sampai sekarang Alam Dunia. Semua butuh proses, Jadi terus lah berjuang dalam menggapai sesuatu dengan niat yang baik dan mencari ridho dan Berkah dari Allah hu robbi. 

Semoga bermanfaat apa yang utelah di baca.
Mengutip Buku dari : Didi Junaidi yang berjudul : Berbahagialah (Pesan Al-qur'an menggapai kebahagiaan yang Hakiki)

Comments

Post a Comment

Popular Posts