Puasa untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani



Segala puji bagi Allah SWT, yang telah mengutus Rasulnya Nabi Muhammad SAW yang  telah membawa  risalah Allah SWT dalam ajaran  yang sangat jelas dan sangat rinci.

Salah satu dari Rukun Islam adalah wajibnya  kita berpuasa dalam Bulan Ramadhan sebagaimana dalam tuntunan Allah SWT. 
“ Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa, sebagaimana diwajibkan orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa ”

Dahulu sebelum teknologi pengetahuan kedokteran, 14 Abad lalu  baginda Rasul bersabda  
“ Puasalah kamu maka niscaya  kamu menjadi sehat ”. Suatu bentuk ibadah yang sangat spektakuler. Puasa dilakukan bukan hanya dalam bentuk ibadah, tapi bisa menjadi Life Style masa kini. Apa yang dialami tubuh manusia saat berpuasa adalah proses beristirahat total, saluran pencernaan . Bayangkan tubuh di analogikan sebuah mesin , bekerja terus menerus tanpa beristirahat. Inilah yang dinamakan proses Glikogenolisis sisa-sisa makanan diolah lagi semasa kita berpuasa.

Walaupun ada manfaat rahasia sehat tetapi haruslah disadari bahwa niat berpuasa karena Allah SWT semata dan final, outputnya adalah takwa. Oleh karena itu pentingnya rasa lapar. Itu dalam Ajaran Agama islam adalah melatih proses kesabaran yang menimbulkan rasa empati pada kaum dhuafa yang kadang mereka merasa lapar sepanjang tahun. 

Dan tidak hanya puasa di bulan ramadhan saja yang wajib kita jalan kan banyak Puasa puasa yang di contohkan oleh Rasul dan menjadi Sunnah bagi umatnya antara lain: Puasa Senin-Kamis, Puasa Dawud, Puasa 6 hari bulan Syawal dan masih banyak lagi puasa yang disunnahkan. Maka Puasa bisa menjadi sebuah amalan yang menguntungkan langsung bagi yang menjalankan nya Dunia maupun Akhirat. 

Oleh karena itu sekarang tidak jamannya lagi kita melakukan balas dendam dengan makan secara berlebih-lebihan karena tujuan utama berpuasa seperti diatas . Ikut merasakan empati pada kaum dhufa yang sering kelaparan.
Makanlah kamu ketika kamu lapar, berhentilah sebelum kamu kenyang”


By : Dr. Dedy Chandra(Owner DL Slim & Skin Care)

Comments

Popular Posts